• MTSN 4 MADIUN
  • Berprestasi berdasarkan IMTAQ, Ketrampilan, Berakhlak dan Berbudaya Lingkungan

WARNA BARU DEWAN PENGGALANG 2023-2024

Salam Pramuka!!! - Hai sobat pramuka seantero jagad raya... Kali ini Mimin mau ngasih info terupdate nih... Beberapa hari lalu, tepatnya hari Jumat sampai dengan hari Ahad, tanggal 10 s.d. 12 Februari 2023 Pramuka Pangkalan MTsN 4 Madiun baru aja punya hajad tahunan. Tempatnya intern aja ya, Guys... di madrasah tercinta. Yaps, kalau lebelnya aja hajad tahunan, brarti event besar donk... Jelas lah. Jadi... Pada hari itu telah dilaksanakan Serah Terima Jabatan, Pelantikan, sekaligus penyusunan program kerja untuk kegiatan kepramukaan selama satu periode ke depan. Kegiatan tersebut diikuti oleh sepuluh dewan penggalang lama, dua puluh sembilan dewan penggalang baru, dan lima belas pendamping pembina.

Pergantian kepengurusan dalam suatu organisasi adalah hal yang wajar, karena tidak selamanya satu individu memimpin suatu organisasi. Individu yang saat ini memimpin suatu organisasi pun memiliki tanggung jawab untuk membentuk calon pemimpin baru setelah dia. Harapannya pembentukan tersebut mampu menghasilkan pemimpin baru yang lebih baik serta lebih berkualitas dari kepengurusan sebelumnya.

Pada hakikatnya pergantian dan pelantikan dewan penggalang merupakan suatu bentuk pendewasaan demi meningkatkan kualitas serta pemahaman dalam organisasi kepramukaan. Layaknya membangun sebuah rumah, fokus pembangunan tidak hanya pada atap sebagai puncak suatu rumah melainkan seluruh elemen pembangunnya. Artinya, bukan hanya pratama yang diganti, melainkan seluruh personal divisi terkait.

Terdapat tujuh divisi. Masing-masing divisi telah merumuskan rancangan program kerja selama satu periode jabatan. Penyusunan program kerja tersebut tentunya telah melalui tahap-tahap perumusan yang dibimbing oleh pembina pendamping dan disahkan oleh forum pleno.

Tak hanya sampai di situ, pada malam setelah penyusunan program kerja, dilaksanakan subacara penempuhan kaos. Dewan penggalang yang baru saja dilantik, diuji secara mental dan fisik untuk mendapatkan kostum dewan penggalang yang kece abis.